Knowledge Base Part III

Knowledge Based System Pada Customer Service


Pada bagian ketiga dari penulisan Knowledge Base (KB) kali ini, kita akan membahas penerapan Knowledge Base pada Layanan Customer Service (CS). Penerapan ini berdasarkan statistika mengenai betapa pentingnya layanan CS untuk memenuhi kebutuhan para konsumen jika misalnya produk yang dibeli atau jasa yang digunakan mengalami masalah. Disini kecepatan, ketepatan (akurasi), dan pengetahuan memainkan peranan yang sangat krusial demi meningkatkan tingkat kepuasan konsumen terhadap produk yang dipakai atau jasa yang digunakannya. Para konsumen tidak hanya mengharapkan kecepatan dan informasi yang akurat, tetapi mereka meminta agar segala sesuatu terpenuhi  sesuai keinginan mereka. Misalnya berdasarkan laporan penelitian mengenai pelayanan CS pada konsumen menurut Harvard Business Review (https://hbr.org/2010/07/stop-trying-to-delight-your-customers) diperoleh data sebagai berikut :

·         65 % dari konsumen ingin menyelesaikan permasalahan dengan caranya sendiri.
·    62 % dari konsumen berpikir bahwa karyawan (CS) yang memiliki pengetahuan yang memadai adalah penting, karena dapat memberikan pelayanan dan solusi yang baik bagi mereka.
·     50 % dari konsumen memberi merek hanya satu minggu untuk merespon keluhan mereka sebelum mereka berhenti berbisnis dengan suatu perusahaan. 


Dan salah satu solusi terbaik untuk memberi kualitas pelayanan terbaik bagi para konsumen ini adalah dengan menggunakan Customer Service Knowledge Base (Basis pengetahuan CS). Sebagian besar agen CS akan memberi pengetahuannya dalam bentuk dokumen Ms. Word atau Notepad yang beresiko file tersebut sudah kadaluarsa atau informasi yang diharapkan tidak diperbaharui sesuai kebutuhan konsumen pada saat itu (update).

Dengan menggunakan KB pada CS, CS dapat menemukan informasi yang akurat dan terbaru (up to date) untuk merespon kebutuhan konsumen dengan cepat. Dan cara seperti ini dianggap lebih efisien oleh kebanyakan perusahaan dan tentu saja cara seperti ini meningkatkan relasi yang bagus antara CS dengan konsumen, seta mengurangi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan konsumen.

Contoh pengaplikasian KB pada CS bisa diakses dari link berikut : www.desk.com


Jiguja

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar