Resume Mengenai Ilmu Sosial Dasar

Ilmu Sosial Dasar Sebagai Salah Satu Mata Kuliah Dasar Umum

1.     Pendahuluan

      Pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang memiliki kemampuan :
a.       Kemampuan akademik
b.      Kemampuan profesi
c.       Kemampuan pribadi

      Adapun kemampuan pribadi dicapai melalui MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum) sebagai berikut :
a.       Ilmu Sosial Dasar (ISD)
b.      Kewarganegaraan
c.       Pancasila
d.      Agama
e.       Ilmu Alamiah Dasar (IAD)
f.       Ilmu Budaya Dasar (IBD)
g.      Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa

      Secara spesifik kemampuan pribadi yang hendak dicapai melalui melalui MKDU bertujuan menghasilkan sarjana yang berkualifikasi sebagai berikut :
a.       Taqwa Kepada Tuhan YME, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya, dan memiliki tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain.
b.      Berjiwa Pancasila sehingga segala kepuntusan serta tindakannya mencerminkan nilai-nilai Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan Nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
c.       Memiliki Wawasan Sejarah Perjuangan Bangsa, sehingga dapat memperkuat semangat kebangsaan, mempertebalrasa patriotisme, meningkatkan kesadaran berbangsa dan negara, mempertinggi kebanggaan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
d.      Memiliki Wawasan Komprehensif dan Pendekatan Integral Dalam Menyikapi Permasalahan Kehidupan, baik sosial, ekonomi, politik, pertahanan dan keamanan, maupun kebudayaan.
e.       Memiliki Wawasan Budaya yang Luas Tentang Kehidupan Bermasyarakat dan secara bersama-sama mampu berperan serta meningkatkan kualitasnya, maupun tentang lingkungan alamiah serta bersama-sama berperan serta di dalam pelestariannya.

      Tema pokok perkuliahan ISD sebagai bagian dari MKDU adalah hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Hubungan tersebut dapat mewujudkan adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial dan inilah yang menjadi pusat perhatian Ilmu Sosial Dasar dan yang penelaahannya menggunakan pendekatan berbagai disiplin (interdisiplin dan atau multidisiplin) dengan memanfaatkan pengertian-pengertian (fakta, konsep, dan teori) yang berasal dari lapangan ilmu-ilmu sosial seperti : sejarah, ekonomi, geografi sosial, antropologi, dan psikologi sosial.



2.     ISD : Pengertian, Tujuan, ISD dan IPS

A.    Pengertian
      Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian(fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti : sejarah, ekonomi, geografi  sosial sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.
     
      Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan.

B.     Tujuan
      Sebagai salah satu dari MKDU, ISD mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa sebagai berikut :
a.       Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyattan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b.      Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya
c.       Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajari) secara kritis-interdisipliner.
d.      Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

3.     Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

      ISD dan IPS kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan.

Adapun persamaan antara keduanya adalah :
a.       Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
b.      Keduanya bukan displin ilmu yang berdiri sendiri.
c.       Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

Adapun perbedaan antara keduanya adalah :
a.       ISD diberikan di perguruan tinggi, sedangkan IPS diberikan sejak SD dan Sekolah Lanjutan.
b.      ISD merupakan satu mata kuliah tunggal, sedang IPS merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan)
c.       ISD diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang IPS diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

4.     Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar

Bahan pengajaran ISD dapat dibedakan atas tiga golongan, yaitu :
a.       Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.

b.      Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar yang diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial dalam IPS. Misalnya konsep “keanekeragaman” dan  konsep “Kesatuan sosial”. Bertolak dari kedua konsep tersebut, maka dapat kita pahami, dalam masyarakat selalu terdapat :

a)                  Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baik secara individual atau kelompok/golongan.
b)                  Persamaan dan perbedaan kepentingan. Persamaan dan perbedaan itulah yang menyebabkan sering timbulnya pertentangan/ konflik, kerja-sama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.
c.       Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang berkaitan satu dengan lainnya.
Konsorsium Antar Bidang telah menetapkan bahwa Ilmu Sosial Dasar terdiri delapan pokok bahasan. Dari kedelapan pokok bahasan ini, diharapkan ruang lingkup perkuliahan dapat memahami/mempelajari :
-          Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan
-          Masalah individu, keluarga, dan masyarakat
-          Masalah pemuda dan sosialisasi
-          Masalah hubungan antara warga negara dan negara
-          Masalah pelapisan soial dan kesamaan derajat
-          Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan
-          Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi

-          Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat

Jiguja

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.