Cara Membuat Kalkulator Sederhana dengan Visual Studio 2012

               Ini adalah postingan pertama ane, mohon maap kalo banyak kekurangan hehehee.. :D Kebetulan ane lagi libur kuliah akhir semester cuma dua minggu (dibilang bentar nggak, dibilang lama nggak juga -_-), dari pada cuma ngendok di rumah, mending ane share cara bikin kalkulator dengan menggunakan Visual Studio 2012 (VS).
            Kenapa VS 2012?? Karena VS 2012 sudah bisa mendukung penuh untuk performa windows 8, dan didesign dengan fitur2 yang memudahkan programmer untuk membuat aplikasi berbasis visual. Nggak jadi masalah kalau anda ingin menggunakan VB 6.0, VS 2008, 2010, dan versi2 dibawah 2012, namun tutorial yang bakal ane gunakan adalah VS 2012. 
              Kalkulator basic/kalkulator dasat biasa kita temui jika kita melakukan jual beli  pada pedagang sembako, atau tukang sayur. Prinsipnya sederhana, kita akan diminta memasukkan nilai (value) pertama yang kita inginkan, kemudian kita memasukkan nilai yang ke dua, dan terakhir kita memilih operasi yang kita inginkan (penjumlahan, pengurangan, dsb).
                Namun perlu diingat satu hal, bahwa Visual Studio yang ane sediakan dari link dibawah ini bertujuan untuk pembelajaran! Kalau anda ingin membuat aplikasi dengan tujuan komersil, maka anda harus membeli lisensi aslinya, dengan maksud untuk menghargai hak cipta Microsoft.  
    
Syarat utama sebelum meng-install VS 2012 :
* Visual Studio All Edition
* OS yang mendukung VS 2012 : Windows 8, Windows 7, Windows Server 2012, Windows Server 2008. (Windows XP tidak bisa!)
* Minimal kecepatan prosesor 1.6 Ghz atau diatasnya
* Minimal RAM 1 Gb  atau diatasnya
* Minimal 10 Gb space di hard disk atau lebih
* Minimal 600 Mb space untuk language pack
* Minimal kecepatan hard disk 5400 rpm atau lebih
* Minimal directx 9 atau diatasnya

Langkah –langkah membuat kalkulator :

1. Setelah download VS 2012 Ultimate dari link diatas, ekstrak file rar dengan mengunakan WinRar, setelah diekstrak anda bisa menggunakan Daemon tools atau tetap menggunakan WinRar untuk mount file iso. Kemudian run vs_ultimate.exe sebagai Administrator.
   
   2. Install seperti biasa, dan anda akan ditawarkan jika anda ingin meng-install fitur optional packages bawaan VS 2012 seperti Blend for Visual Studio, Lightswitch, Microsoft Foundation Classes for C++, dsb. Skip tahap ini jika anda tidak membutuhkan optional package ini.

3.  Setelah selesai install buka VS 2012. Klik New Project... pada Ultimate 2012 start page. Atau klik File, New, Project pada pojok kiri atas baris menu.



4. Akan muncul tab seperti ini : 



Klik Windows Form Application, lalu ketik Name, Solution, dan Location penyimpanan project sesuai yang anda inginkan. Lalu klik OK.

5. Setelah ditampilkan form designer, kita mulai dengan mendesign label. Klik toolbox, klik Label, lalu klik di area form. 

6. Klik label yang telah anda buat, dan ganti nama label1 dengan "masukkan angka pertama :" pada field Text di object properties. Bikin pula label kedua untuk "masukkan angka kedua :".


Susun sampai seperti ini : 



7. Kemudian kita akan mendesign textbox yang akan digunakan untuk memasukkan nilai input untuk dihitung. Klik Toolbox, klik TextBox, lalu klik di area form.


Susun sampai seperti ini :


8. Kemudian yang terakhir, kita akan mendesign tombol untuk operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Klik Toolbox, klik Button, lalu klik di area form.


Setelah klik di area form, klik button yang anda buat tadi, lalu ganti nama button1 dengan + pada field Text di object properties. 


Ulangi tahap diatas sampai terbentuk empat button seperti gambar dibawah ini :


9. Klik Toolbox, klik label, dan namai sebagai "Result :". Lalu klik Toolbox, klik Textbox, lalu klik di area form. Sampai semuanya seperti ini :



10. Taaaa-daaaaaa... Tahap mendesign sudah selesai. Sekarang saatnya mengutak-atik script pada setiap komponen button yang kita pasang di area form. Prinsipnya ketika kita menjalankan program diatas, kita harus menentukan aksi apa yang akan terjadi setelah kita meng-klik setiap button diatas. Tentunya jika kita menekan tombol +, maka kedua nilai input yang kita masukkan dalam text box akan dijumlah. Begitu pula dengan pengurangan, maka akan dikurangi, dst. Langkah selanjutnya adalah melihat script code. Dapat dilakukan beberapa cara, salah satunya :

Klik kanan pada salah satu dari komponen di area form, misalnya ane klik kanan pada button 1, lalu klik view code.


ATAU klik panah pada form1.vb, lalu klik form1 pada Solution Explorer.


11. Setelah itu anda akan dialihkan ke tampilan layar seperti ini :


Kita mulai dari button1 (tombol +). Klik Form 1 tab di atas, lalu klik button 1.


Dan klik declarations tab diatas, lalu pilih Click.


Lakukan hal yang sama sampai dengan button 4.


12. Di bawah Public Class Form1, ketik : Dim x, y, r As Integer
dengan asumsi bahwa x sebagai variabel pertama, y sebagai variabel kedua, dan r sebagai hasil/result. Anda bisa mengganti x dan y dengan a dan b, atau v1 dan v2, itu semua terserah anda.

Note :
Mengapa kita memisalkan x, y, dan r sebagai tipe data integer? Karena kita menginginkan x, y, atau r untuk di input sebagai angka, dengan ketentuan jarak/batas integer adalah  -2147483648 sampai +2147483647. Kalau nilai nya kita masukkan 2147483648, jelas bakal muncul pesan error, karena melebihi batas 2147483647. Dan integer juga berfungsi sebagai pembulatan bilangan desimal. Misal seperti nilai 7.9, maka akan dibulatkan oleh integer menjadi 8. Begitu pula dengan 9.5 menjadi 9.


13. Di setiap Private Sub Button 1 sampai 4, kita membuat operasi perhitungan yang cocok dengan setiap button tersebut. Misalnya di Button 1 (tombol +) akan dibuat penjumlahan antara variabel pertama dan kedua, dalam hal ini berarti : x + y. Hasilnya disimpan dalam kotak Result (TextBox3). Namun anda harus cek kembali dan pastikan bahwa Texbox yang paling bawah di area form adalah Texbox3. Cara cek nya adalah melihat Name (di bagian Design) pada Object Properties. Seperti gambar dibawah :


 
14. Jika sudah benar TextBox3 nya, maka kita tambahkan script untuk button 1 sampai 4 nya. Mulai dari Button 1, ikuti seperti gambar dibawah :


15. Untuk Button 2 sampai 4 ikuti script seperti gambar dibawah :


16. Kemudian klik Start di bagian baris menu untuk menjalankan program.


17. Selamaaaatttt!!! anda berhasil membuat kalkulator sederhana dengan Visual Studio!!



Demikian tutorial sederhana cara membuat kalkulator. Rencana saya akan buat kalkulator scientific. Silahkan meninggalkan komentar untuk kritik dan perbaikan topik ini :D :D.









































Jiguja

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

3 komentar:

  1. coding nya agak berbeda dari saya ya, tapi yg ini bagus juga..

    kunjungi bloog saya juga ya mas, tutorial visual studio dan eclipse..

    BalasHapus
  2. very good, gampang banget jadinya!!
    thanks bang, semangat bang untuk buat artikel yang seperti ini lagi

    BalasHapus