Cerita organisasi yang pernah saya ikuti

PENGALAMAN ORGANISASI YANG PERNAH DIIKUTI
Setiap orang mempunyai pengalaman organisasi sendiri. Saya akan menceritakan pengalaman saya dalam berorganisasi. Sebelum menceritakan tentang pengalaman saya dalam berorganisasi, ada baiknya jika saya jelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan organisasi itu. Menurut Wikipedia organisasi adalah sekelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Tapi, menurut para ahli Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Sedangkan menurut saya organisasi adalah sekelompok orang atau individu dimana mereka mempunyai suatu tujuan yang sama. Dengan kita mengikuti organisasi kita belajar menghargai pendapat orang lain, memahami dan menghargai sifat orang lain, belajar mengemukakan pendapat, belajar untuk menjadi dewasa, berjiwa kepemimpinan, mendapat wawasan, menambah pengalaman, belajar mandiri dan masih banyak lagi hal positif yang didapat dalam organisasi. Banyak sekali organisasi yang ada disekolah, saya memberi contoh organisasi apa yang saya pernah ikuti, yaitu Pramuka dan OSIS.
            Pengalaman pertama saya ialah mengikuti organisasi Pramuka. Di organisasi tersebut kegiatan saya bisa dibilang cukup aktif dilingkungan sekolah. Saya mendapatkan jabatan yang sangat penting dalam organisasi tersebut. Peran saya dalam organisasi tersebut sebagai Ketua Pertanggung Jawaban Kelas. Pramuka disekolah saya dahulu itu sangat diwajibkan, dan setiap akhir tahun selalu mengadakan pelantikan BANTARA (Bantuan Tata Rakyat) yaitu dengan membimbing Sekolah Dasar (SD) yang tidak memiliki kesempatan untuk mengenalkan pramuka disekolahnya. Itulah tujuan utama organisasi Pramuka disekolah saya, dan pengajaran pramuka disetiap sekolah-sekolah dasar dilakukan selama 1 bulan, dan diakhiri dengan membuat perlombaan antar sekolah dasar yang dibimbing langsung oleh pelatih pramuka yang sudah dilantik oleh pembina-pembina sekolah saya. Pelatih-pelatih pramuka yang sudah dilantik dan ditempatkan disekolah-sekolah dasar itu melakukan pengajaran dengan sukarela atau tanpa dibayar, tidak sedikit dari para pelatih tersebut yang sudah selesai masa pengajaran disekolah diminta untuk mengajar pramuka kembali setiap hari sabtu, dan dibayar jasanya secara sukarela oleh pihak sekolah.

Jiguja

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar