Manusia dan Cinta Kasih

Pengertian Cinta Kasih
Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S. Poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) saying (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan saying atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehinga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasih.
   Penggunaan istilah cinta dalam masyarakat Indonesia lebih dipengaruhi perkataan love dalam bahasa Inggris. Love digunakan dalam semua amalan dan arti untukeros, philia, agape dan storge. Namun perkataan-perkataan yang lebih sesuai masih ditemui dalam bahasa serantau dan dijelaskan seperti berikut:
·         Cinta yang lebih cenderung kepada romantis, asmara dan hawa nafsu, eros.
·         Sayang yang lebih cenderung kepada teman-teman dan keluarga, philia.
·         Kasih yang lebih cenderung kepada keluarga dan Tuhan, agape.
·  Semangat nusa yang lebih cenderung kepada patriotisme, nasionalisme dan narsisme, storge.
Macam-macam Cinta
Cinta antar sesama
Cinta antar sesama menunjuk kepada cinta antara manusia. Bentuk ini lebih dari sekadar rasa kesukaan terhadap orang lain. Cinta antar sesama bisa mencakup hubungan kekasih, hubungan orangtua dengan anak, dan juga persahabatan yang sangat erat.
Beberapa unsur yang sering ada dalam cinta antar sesama :
Kasih sayang: menghargai orang lain.
Altruisme: perhatian non-egois kepada orang lain (yang tidak dimiliki oleh banyak orang).
Reciprocation: cinta yang saling menguntungkan (bukan saling memanfaatkan).
Komitmen: keinginan untuk mengabadikan cinta, tekad yang kuat dalam suatu hubungan.
Keintiman emosional: berbagi emosi dan rasa.
Kekerabatan: ikatan keluarga.
Passion: hasrat dan atau nafsu seksual yang cenderung menggebu-gebu.
Physical intimacy: berbagi kehidupan erat satu sama lain secara fisik, termasuk di dalamnya hubungan seksual.
Kepentingan pribadi: cinta yang mengharapkan imbalan pribadi, cenderung egois dan ada keinginan untuk memanfaatkan pasangan.
Pelayanan: keinginan untuk membantu dan atau melayani.

Cinta diri
Secara alamiah manusia mencintai dirinya sendiri.Manusia membenci segala sesuatu yang mendatangkan penderitaan, rasa sakit dan bahaya lainnya.
Cinta diri erat hubungannya dengan menjaga diri.Manusia menurut segala sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi dirinya.Gejala yang menunjukkan kecintaan manusia terhadap dirinya sendiri ialah kecintaanya luar biasa terhadap harta benda. Sebab manusia beranggapan dengan harta benda ia dapat merealisasikan semua keinginannya guna mencapai kesenangan-kesenangan kemewahan hidup.

Cinta Tuhan
Seseorang yang mencintai Tuhannya, maka hatinya hanya diisi oleh semua Nama-nama Tuhan yang indah’, sehingga tidak ada tempat di hatinya untuk yang selainnya, karena tiada yang lebih utama baginya selain selalu mengingatnya, mengagungkannya, dan mencari keridloannya. Tidak mau hatinya diisi oleh cinta selainNya, sebab jika hatinya diisi cinta oleh selainNya dengan berdasar hawa nafsu, akan rusak perangai dan akhlaknya dan pribadinya menjadi kurang menarik. (seperti cinta harta membuat seseorang  jadi serakah dan pelit)
Setiap orang yang menyadari bahwa cintanya kepada Tuhannya adalah nyata bukan khayalan, maka dia pasti berusaha untuk mencapai keridloannya secara nyata, dan dia akan mengharuskan dirinya untuk berbuat kebaikan, kebenaran, kejujuran, keadilan dan kebijaksanaan.  Kalaupun harus mengumpulkan setitik demi setitik noktah/dzarroh dari kebaikan pasti dilakukannya, atau harus meninggalkan  setitik demi setitik noda dari dosa dan kejahatan pasti dilakukannya. Semuanya diupayakan walau dengan bersusah payah, maka segala kelelahan dan keletihan justru menambah nikmat dalam mencapai keridloannya. Tetapi bagi orang yang mengabaikan hati nuraninya sering tidak menyadari cintanya kepada Tuhannya, karena tertutup oleh cintanya kepada dirinya sendiri.

Cara Mewujudkan Cinta Kasih
A.   Mewujudkan Cinta Diri
Mewujudkan cinta kepada diri sendiri dapat dilakukan dengan merawat dan menjaga kesehatan jasmani serta penampilan fisiknya. Misalnya : mandi dua kali sehari, olahraga, makan makanan bergizi, dan sebagainya.

B.   Mewujudkan Cinta Sesama
Dapat dilakukan dengan perbuatan yang bersifat sosial dan kemanusian. Contohnya saling tolong menolong, kerja bakti, saling tepo seliro, Jean Henry Dunant ( 1882-1910) seorang bankir dan penulis berkebangsaan Swiss yang atas suka relanya menolong setiap orang yang menderita luka-luka dalam pertempuran Solferino (1859) mendirikan Palang Merah International (1863).
C.   Mewujudkan Cinta Tuhan
Dapat dilakukan dengan Membaca Kitab Suci bagi agama yang bersangkutan, berdoa setiap waktu, memperbanyak amal dan ibadah , melakukan apa yang dikehendaki Tuhan, serta takut akan Tuhan.
Daftar Pustaka





Jiguja

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar